30 Besar Hackathon BI

Sejak akhir bulan lalu saya, Andri, Ecky & Agung mengikuti kompetisi Hackathon BI dengan tema Artificial Intelligence & Machine Learning for Digital Economy and Finance in Indonesia. Btw mereka bertiga alumni informatika Unjani. Proses di internal tim cukup panjang mulai dari brainstorming, pemilihan ide, pembuatan prototype hingga penyusunan proposal sesuai format kompetisi. Saya belajar banyak hal, terutama belajar berinteraksi dengan anak-anak pintar yang usianya relatif lebih muda. Cool.

Singkat cerita akhirnya dari beberapa ide yang ada, ide saya yang dipilih. Saya coba mengangkat tema terkait dengan collaborative FDS. Proposal pun di-submit di last minute. Effort dan antusiasme dari tim sangat luar biasa dan kami sangat berharap bisa masuk tahap selanjutnya, yaitu 10 besar.

Tanggal 14 Juni adalah waktu pengumuman untuk semifinalis 10 besar. Ternyata hasilnya baru keluar malam hari dan ternyata terdapat perubahan ketentuan sehingga semifinalis diambil 30 besar. Alhamdulillah tim kami menjadi salah satu semifinalis 😮

Selanjutnya adalah persiapan untuk menuju 10 besar. Semua finalis diharuskan untuk membuat video penjelasan dari ide dan prototipe yang sudah dibuat. Malam ini kami kembali berkumpul untuk membahas format video. Saya kebagian untuk menjelaskan bagian ide dan menjalankan skenario pada prototype. 

Malam ini juga sebelum meeting dengan tim saya telpon umi. Saya ceritakan kalau saya masuk 30 besar dari total 1000 peserta. Tak lupa juga sambil meminta doa. Seperti biasa umi memberikan seamat dan selalu memuji, selayaknya seorang ibu yang memberikan ucapan selamat ke anak kecilnya hehe.

Dalam setiap kesempatan saya selalu berusaha untuk menyampaikan setiap pencapaian ke umi dan bapa. Ada alasan khusus dibalik itu. Dulu waktu sekolah, ada masanya saya menjadi anak yang sering buat pusing orang tua. hehe. Saya berharap pencapaian-pencapaian yang saya dapatkan dikemudian hari bisa sedikit membuat mereka bahagia dan "bangga".

Semoga ikhtiar ini membuahkan hasil yang baik sesuai dengan harapan.


InScure, nama tim yang unik usulan Andri ðŸ˜›

Komentar