Tak Lagi Muda

Hari ini Alhamdulillah berhasil menyelesaikan laporan tahap II dari pekerjaan di salah satu Bank Swasta. Tadi pagi kami bersama Pak Dim berhasil mempresentasikan hasil pekerjaan kami. Alhamdulillah klien kami pun sempat berujar puas. Mudah-mudahan bisa menjadi motivasi bagi tim kami untuk menyelesaikan pekerjaan dengan lebih baik lagi.
Saya mulai bekerja sejak tahun 2011. Dari awal sampai sekarang Alhamdulillah masih bekerja di kantor yang sama. Setelah KP di tahun 2010, saya diminta untuk bantu kantor menyelesaikan pekerjaan karena resource dikantor sedang penuh. Project pertama selalu berkesan bukan? Dengan susah payah dan effort yang besar juga tentunya dengan karunia & pertolongan Allah Alhamdulillah project pertama berhasil selesai (bisa dibilang) tepat waktu.
Hal tersebut menjadi pencapaian tersendiri buat saya. Waktu itu berarti usia saya 18 tahun (maret 2011). Masih muda ya? Karyawan paling muda di kantor. Sampai Pak Sigit, expert dan project manager di project tersebut sempat berpikir dalam hati (sebelum akhirnya cerita sama kita) ini anak udah punya KTP belum ya. Soalnya dulu waktu meeting ke klien kan harus registrasi dulu pakai KTP.
Project selanjutnya Alhamdulillah juga bisa di selesaikan dengan baik, terutama di tahun 2012 saat itu kami berhasil membuat aplikasi dashboard dengan fitur yang sangat lengkap. User pemilik aplikasi tersebut sempat menghubungi kami tahun 2017, minta bantuan langkah-langkah untuk migrasi server karena kantornya pindah. Senangnya saat lihat screenshot dari aplikasi kami. Berarti masih dipakai kan? Hehe
Waktu terus bergerak, selama itu juga saya masih merasa menjadi seorang anak muda atau bahkan anak kecil di kantor. Sampai pada project yang sedang saya selesaikan sekarang. Saya lihat sekitar. Semua (sebagian besar) klien saya berusia antara 3 tahun dibawah saya sampai 3 tahun diatas saya. Banyak sekali yang berusia dibawah saya. Dan mereka hebat-hebat loh. Sesaat kenyataan ini seperti menampar saya. Saya sudah tak semuda dulu. Siapkah saya?
Inikah yang disebut disrupted (not literally)?
Kenyataan ini membuat saya berusaha untuk berkaca dan memikirkan target-target yang ingin saya capai sebelum saya benar-benar tak lagi muda (bila masih ada umur). Selain itu kenyataan ini juga memaksa saya belajar  beradaptasi untuk bekerjasama dengan anak-anak milenial yang lebih muda dari saya. Ingat, sebelumnya saya selalu berada diposisi yang lebih muda loh. Ini yang membuatnya lebih sulit tapi memang harus dipelajari dan dilakukan.
Mungkin ini juga ya yang dulu teman-teman saya rasakan ketika bekerja dengan saya :D
Hamba memohon bimbingan dan pertolongan-Mu Yaa Allah.
Argo Parahyangan (Gambir-Bandung),
Jum'at 5 Okt 2018

Tim programmer zaman now:
Mas Ihsan x Mas Faizal

Komentar